Cara menggunakan google analytic

0 398

Bagaimana cara menggunakan Google Analytic? Google Analytic adalah salah satu tools yg bisa menaruh anda akses yang sangat baik buat melihat aktifitas pada blog anda. Masalahnya adalah poly blogger yang tidak tahu bagaimana cara menggunakannya. Jadi kali ini aku akan menyebutkan tentang manfaat Google Analytic.

Saya anggap saudara sudah memiliki akun Google Analytic. Jika belum maka nir perlu lanjut membaca artikel ini. Silahkan baca dulu artikel cara mendaftar Google Analytic. Sedangkan bagi anda yang sudah mempunyai akun mari kita pribadi mulai. Pembahasan aku akan terbagi dalam 2 poin utama:
Bagaimana cara memakai Google Analytic untuk mengamati Karakter Pengunjung?
Bagaimana cara memakai Google Analytic buat mengamati Performa Artikel?

#1 Bagaimana cara menggunakan Google Analytic buat mengamati karakter Pengunjung?

Silahkan login dan anda akan masuk ke Account Home berdasarkan Google Analytic anda. Klik akun blog yang ingin anda amati aktifitasnya.
Akan ada dropdown yang memunculkan nama akun, silahkan klik sekali lagi.
Anda akan dibawa masuk ke pada laman blog anda, dalam sesi Visitors Overview. Pada halaman ini anda mampu melihat sebuah grafik akbar yang menampakan laju pertambahan pengunjung blog anda berdasarkan hari ke hari.
Jika anda baru belajar SEO, maka jangan panik dengan lekuk naik turun, karenanya alami sekali. Memang terjadi naik turun setiap minggu. Biasanya zenit trafik hari selasa dan rabu, dan trafik terendah dalam seminggu dalam sabtu & minggu …. Jadi kalem saja.
Lanjut ke bawah akan ada laporan berapa orang yang sudah mengunjungi blog anda sejak kode tracker dipasang, & dibawahnya terdapat penjelasan detil menurut jumlah tersebut.

VISITS adalah penjelasan berapa holistik kunjungan
UNIQUE VISITORS merupakan jumlah pengunjung tanpa memperhitungkan kunjungan balik
PAGEVIEWS adalah jumlah halaman yg dibaca
PAGES/VISIT merupakan rata-rata page yang dibaca per kunjungan, semakin besar nilainya berarti semakin berkualitas artikel anda. Apabila belum cobalah menulis artikel menggunakan gaya bahasa yg lebih menarik, dan jangan selesaikan satu kasus dalam satu artikel usahakan bgi penjelasannya pada artikel lain (mengarahkan pengunjung buat membuka artikel lain)
AVERAGE VISIT DURATION merupakan lamanya saat per kunjungan
BOUNCE RATE adalah persentase pengunjung yg hanya membaca satu laman. Semakin mini nilai ini semakin baik
% NEW VISITS merupakan persentase pengunjung yang baru tiba ke blog anda. Itu berarti sisanya adalah pengunjung setia blog anda yg tiba berkali-kali.
Anda jua diberi diagram bundar buat menampakan berapa pengunjung baru & berapa pengunjung yg balik buat kesekian kalinya. Pengunjung baru menandakan kesuksesan optimisasi offpage anda, sedangkan pengunjung pulang mengindikasikan kesuksesan kualitas artikel anda. Normalnya merupakan 80:20, bila kurang dari 20 % artinya perlu peningkatan kualitas artikel.
Di bawah layar ini terdapat Demographic, System, dan Mobile yang akan memberitahuakn kepada anda berasal kunjungan, & ciri gadget yg digunakan mengunjungi blog anda.
Demikianlah Google Analytics menyajikan data Karakter Pengunjung. Praktis-mudahan anda sudah paham bagaimana cara menggunakan Google Analytic untuk keperluan anda. Buatlah pertanyaan-pertanyaan sederhana misalnya: Kenapa mereka cuma membuka satu halaman? Kenapa mereka jarang yang kembali? Kenapa mereka cuma sementara waktu saja membaca artikel lalu pulang?

Jika anda tidak menemukan alasannya cobalah bertanya pada forum-forum facebook, atau di Yahoo! Answer buat mencari memahami apa yg salah menggunakan blog anda.

#2 Bagaimana cara memakai Google Analytic untuk mengamati Performa Artikel?

Pada bagian sidebar kanan pilih CONTENT kemudian OVERVIEW.
Di bagian bawah OVERVIEW anda akan melihat 10 artikel terlaris berdasarkan blog anda.
Klik pada sidebar kanan PAGE TIMING, akan terbuka tabel baru yang menunjukkan 10 artikel tadi beserta nilai bounce ratenya. Perhatikan artikel yang paling atas, & pastikan bounce ratenya dibawah 80%. Sayang sekali jika artikel terlaris anda nir mengarahkan pengunjung buat membuka artikel-artikel yg lainnya.
Jika anda telah mengetahui bagaimana cara memakai Google Analytic buat melihat aktifitas pengunjung & performa artikel. Anda bisa menggunakan pengetahuan itu buat aneka macam keperluan. Sebagai contoh, jika anda adalah seseorang pebisnis online, anda bisa memanfaatkan ini buat menaikkan penjualan.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.