Pengertian Web hosting dan macam macamnya

0 1,164

Informasi pengertian web hosting, cara kerja dan macam macamnya. Web hosting adalah sebuah perangkat komputer yang tersambung dengan layanan internet dan berfungsi untuk menyimpan data-data website agar nantinya bisa diakses siapa saja secara online dimana pun dan kapan pun.

Website sekarang menjadi hal yang banyak diminati oleh banyak kalangan. Mulai dari perusahaan, perkantoran, instansi pendidikan bahkan bisnis online membuat website untuk tujuan tertentu.
Dan sekarang para UKM mulai beralih untuk mengonlinekan bisnisnya karena potensi Bisnis di dunia Online yang sangat menjanjikan. Umumnya, website yang dibuat bertujuan untuk mempromosikan produk atau memperkenalkan profil suatu perusahaan, kampus dan lain-lain. Untuk dapat menjangkau milyaran pengguna internet di seluruh dunia, biasanya Anda membutuhkan jasa web hosting untuk membuat suatu website. Ingin tahu informasi lebih dalam tentang web hosting? Simak penjelasannya pada artikel dibawah ini.

Apa itu Web Hosting?

Informasi yang ditampilkan pada website dapat terjadi karena adanya web hosting. Jadi web hosting adalah sebuah perangkat komputer yang tersambung dengan layanan internet dan berfungsi untuk menyimpan data-data website agar nantinya bisa diakses siapa saja secara online. Segala informasi pada website tersimpan pada server web hosting yang letaknya ada di ruang penyimpanan data yang biasa disebut data center. Para pemilik website lebih memilih untuk menyewa jasa web hosting karena dianggap membantu dalam pengelolaan website. Selain itu, mempercayakan situs web pada web hosting dinilai lebih optimal dan memuaskan.

Selain dipakai untuk penyimpanan data, web hosting juga sering dipakai untuk aktivitas file transfer pada FTP dan pusat data email. Server pada web hosting sendiri memiliki jaringan internet berkecepatan tinggi dan mampu beroperasi selama 24 jam nonstop. Selain itu web hosting memiliki variasi kapasitas mulai dari 300 MB hingga ratusan gigabyte. Keberadaan web hosting ini umumnya sangat menguntungkan bagi pihak-pihak yang berkecimpung dalam dunia bisnis. Bagaimana tidak, dengan layanan internet super cepat selama 24 jam tanpa henti, para pelanggan tentu dapat mengakses alamat website dengan mudah dan nyaman.

Cara Kerja Web Hosting

Mungkin Anda masih bingung dengan gambaran akan web hosting. Untuk lebih mudah memahaminya Anda bisa memulainya dengan membayangkan membuka alamat suatu website pada mesin pencari. Pada saat Anda mengakses alamat situs web selanjutnya internet akan mengirim permintaan akses kepada server hosting. Kemudian server pun akan merespon dengan mengirimkan kembali data-data dari alamat website yang dicari dalam bentuk tulisan dan gambar.

Baca juga : Masalah yang biasa dihadapi oleh website dan cara penyelesaiannya​

Jenis-jenis Web Hosting

Server pada web hosting menyimpan banyak data seperti gambar, file, data pelanggan dan yang lainnya.  Perlu Anda ketahui juga, ternyata layanan web hosting terdiri dari berbagai macam. Berikut jenis-jenis web hosting dan penjelasannya yang bisa Anda simak.

1. Shared Hosting

Shared hosting merupakan layanan web hosting yang banyak dipakai karena menelan bugdet yang relatif kecil.  Sesuai dengan namanya, web hosting jenis ini dipakai tidak hanya oleh satu pihak saja melainkan berbagi dengan yang lainnya atau dipakai secara bersama-sama. Walaupun biaya yang dibutuhkan sedikit namun hak akses ke server dan setting server sangat terbatas dan ditentukan oleh pengelola server. Selain itu, karena dipakai secara bersama-sama maka kemungkinan akan terjadi overload dan mengganggu pemilik website yang lain. Jadi pergunakan Shared Hosting dengan bijak supaya tidak mengganggu Pemilik website lain.

2. Cloud Hosting

Cloud hosting merupakan web hosting yang memiliki banyak server. Karena jumlah yang banyak maka web hosting jenis ini dinilai stabil namun biasanya Kapasitas Storage Cloud Hosting dibatasi Oleh penyedia layanan Hosting dan Harganya lebih mahal ketimbang Shared Hosting. Jika Anda memilih untuk menyewa jenis cloud hosting dijamin tidak akan kecewa karena masing-masing server dapat berinteraksi dan tersambung satu sama lain. Cloud Hosting juga memiliki Source Sendiri tidak seperti Shared Hosting yang harus berbagi dengan pemilik website lain.

3. VPS (Virtual Private Server)

Bagi Anda yang memiliki pengunjung website dengan jumlah banyak, VPS merupakan pilihan jenis web hosting yang tepat. Walaupun pada dasarnya memiliki kinerja yang sama dengan shared hosting namun kualitas sumber dayanya setingkat lebih tinggi. Jika pada shared hosting hak akses ditentukan oleh pengelola server, tidak demikian dengan VPS. Pemilik website dalam hal ini memiliki hak penuh atas pengaturan servernya masing-masing. Oleh sebab itu biayanya pun lebih mahal dari shared hosting. Jika Anda memilih layanan VPS ini pastikan untuk melakukan instal panel kontrol secara mandiri.

Itulah sekilas informasi tentang pengertian, cara kerja dan jenis web hosting. Bagi Anda yang masih bingung menentukan layanan web hosting yang akan disewa sebaiknya anda untuk menggunakan Layanan web Hosting Dari Mania Hoster. Karena Mania Hoster menyediakan Layanan hosting yang handal server yang Cepat dan harga yang murah Cocok bagi Anda internet marketer, Pebisnis Online dan UKM yang ingin Mengembangkan Bisnisnya.

Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.